Jumat, 01 Juni 2012

Melihat dari dekat Kehidupan Si Penggali Kuburannya Sendiri

DENGAN hanya beralaskan plastik tenda,para penambang emas itu terlelap melingkari lubang,tempat mereka mencari batu-batu yang mengandung emas di siang hari.
Sudah hampir 7 bulan mereka meninggalkan keluarganya di seberang pulau sana,datang ketambang dengan alasan klasik memenuhi kebutuhan rumah tangga.
Lubang yang mereka gali hanya dengan menggunakan peralatan sederhana tersebut dalamnya hampir 22 meter,menjorok kebawah seperti sumur air yang biasa kita lihat dirumah,bedanya kalo sumur air hanya cukup di gali secara vertikal lurus keatas,nah lubang emas ini diteruskan secara horizontal untuk menemukan jalur batu yang di yakini mengandung emas.
1337258739649546174
lokasi tambang emas poboya
Ngeri dan berani menurut saya,bertaruh maut seperti menggali kuburan untuk dirinya sendiri,bagaimana tidak dengan keamanan yang tidak terjamin mereka memasuki lubang tersebut,dan tidak sedikit mereka meregang nyawa tertimbun tanah ketika ada terjadi lonsor.
Capek dan susah memang mencari uang itu,mereka berpendapat lebih baik hidup dengan cara begini daripada saya mencuri atau merampok untuk menafkahi keluarga.
Mereka memasuki lubang tidak mengenal waktu,kadang siang terkadang malam,selama merasa mempu terus digenjot demi mendapatkan apa yang jadi mereka impikan.
Kalau istirahat,terpaksa mereka harus tidur di atas lubang,demi menjaga dari orang-orang diluar kelompok mereka yang hendak memasuki lubang tersebut,tentunya mencari batu juga.
Apalagi kalau diketahui,bahwa batu-batu tersebut mengandung emas yang lumayan bagus,tidak sedikit orang-orang yang bersikap mau enak sendiri,tidak ikut menggali lubang nekat mau memasukinya,baik secara sembunyi-sembunyi atau istilahnya ‘kalikit’,atau terang-terangan sampai terjadi perkelahian memperebutkan lubang.
Kini mereka telah istirahat setelah seharian bekerja,mimpi indah membayang anak dan istri mereka setia menunggu di rumahnya yang jauh diseberang pulau,mengharapkan ayah dan suaminya pulang dengan selamat.
Foto Dok Pribadi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar