Jumat, 29 Juni 2012

Harimau Yang Di Asuh Rusa ( Tamat )

Harimau itu segera mengendap-megendap di semak belukar,ingin meyakinkan dirinya dengan sosok misterius yang mirip dengan dirinya.
Setelah jarak pandangnya dekat,dengan jelas dia yakin bahwa sosok misterius di seberang sungai itu adalah seekor harimau muda yang sedang menyendiri,dia pun segera menghampiri harimau muda itu dengan berenang menyebrangi sungai,dia tak habis pikir kenapa seekor harimau muda bisa selamat dan bertahan di tengah ribuan rusa yang menjadi musuhnya.
Mengetahaui ada binatang yang mendekatinya,harimau muda itu terkejut hendak melarikan diri,dia merasa ketakutan melihat seekor binatang dengan raut muka yang bengis dihiasi sepasang taring di mulutnya,harimau mudapun nampak bergetar ketika melihat cakar tajam di kedua tangan makhluk itu,dia pun segera bangun untuk bersiap mengambil langkah seribu.
Tapi binatang itu segera meloncat dan mencegah niatan harimau muda itu untuk melarikan diri.
Dengan ketakutan harimau muda itu bertanya maksud kedatangan mahkluk itu,lalu harimau dewasa menjawab dengan nada halus dan melarangn harimau muda untuk tidak takut karena dia tak hendak menyakitinya.
Harimau dewasa pun langsung bertanya identitas harimau muda,dengan seksama setelah hilang rasa takutnya dia menjelaskan bahwa dia adalah seekor rusa,harimau muda pun tak segan mencurahkan isinya bahwa ia bersedih karena tidak mempunyai tanduk seperti rusa-rusa yang lainnya hingga ia mengucilkan diri karena dicemooh dan di samakan layaknya rusa betina.
Mendengar jawaban itu,harimau dewasa dapat menyimpulkan sekaligus mendapat jawaban kenapa ada seekor harimau bisa hidup di tengah musuhnya,harimau dewasa pun maklum mengetahui sikap harimau muda yang tidak menyadari siapa dirinya bahkan merasa sebagai seekor rusa.
Lalu berkomentar lah sang harimau dewasa dengan bijaksana,menjawab keluhan harimau muda dengan menjelaskan bahwa dia bukan seekor rusa dan tak perlu bersedih karena tidak memiliki tanduk yang panjang seperti mereka,dia menambahkan bahwa harimau muda itu adalah sebangsa dengan dirinya,hewan paling kuat di hutan manapun.Harimau dewasa pun memaparkan bahwa seekor harimau tidak memiliki tanduk,tapi di anugerahi sepasang taring dan cakar-cakar yang kuat,sehingga ditakdirkan sebagai raja hutan.
Mendengar itu harimau muda membantah penjelasan harimau dewasa itu,dia menyangkal bahwa dia sebangsa dengan makhluk asing di hadapannya,harimau muda itu tetap pada pendiriannya bahwa dia adalah anak rusa yang dibesarkan dengan kasih sayang oleh bapaknya si rusa jantan.
Lalu harimau dewasa itu mengajak juniornya ke sungai hendak membuktikan semua pendapatnya dengan cara berkaca di sungai.
Setelah tiba di sungai maka bersama-sama lah dua makhluk sejenis itu berkaca di atas air.Alangkah terkejutnya ketika harimau muda itu melihat bayangan dirinya tidak jauh berbeda dengan harimau dewasa di sebelahnya,sepesang taring dan garis belang di wajah nya cukup meyakinkannya bahwa dia sejenis dengan harimau tua.
Harimau dewasa tersenyum menyaksikan reaksi harimau muda setelah menyaksikan apa yang ia lihat,dia pun segera menasihati dan menyuruhnya untuk mengaum berteriak sekencang-kencangnya di depan satu kawanan rusa yang sedang mencari rumput yang berada tidak jauh dari tempat mereka berada,untuk lebih meyakinkan ke-harimauan-nya.
Tanpa ragu harimau muda itu langsung berlari ke arah kawanan rusa,dan mengaum sekencang-kencangnya hingga terdengar ke seluruh hutan,para rusa berlari terbirit-terbirit ketakutan mendengar auman harimau dan mengira ada serangan mendadak dari para harimau.
Harimau muda tersenyum puas merasa bangga mengetahui jati dirinya yang sebenarnya,bahwa dirinya bukan seekor rusa tapi dirinya adalah binatang terkuat yang ditakdirkan untuk menjadi raja di hutan.
Setelah selesai melakukan latihan ‘menjadi macan’,lalu harimau muda bertanya maksud kedatangan harimau dewasa ke hutannya.Harimau tua mulai mencerikan apa yang terjadi di masa lalu antara bangsa harimau dengan bangsa rusa,dia pun mengutarakan niatnya hendak membalas menyerang mempertahankan harga dirinya.
Mendengar itu harimau muda langsung mengerutkan dahi mencegah akan niatan para harimau,dengan menyimak kejadian di masa lalu harimau muda menyimpulkan bahwa para rusa tidak bersalah sama sekali,dia menambahkan bangsa mana yang mau dijajah dan diperbudak oleh bangsa lain di tanahnya sendiri,apalagi mereka tidak bersifat jahat kepada dirinya yang lemah lemah pada waktu itu,para rusa mengurusnya dengan rasa kasih sayang tanpa di beda-bedakan dengan anak -anak rusa yang lainnya.
Harimau muda menyarankan kepada harimau dewasa untuk kembali dengan pasukanya menghadap raja harimau,menyuruhnya untuk menceritakan kebaikan para rusa kepada dirinya.Dia juga menambahkan bahwa para rusa sekarang di lindungi oleh seekor harimau yaitu dirinya sendiri dan mungkin mendengar hal itu,raja harimau akan berbijaksana membatalkan niat balas dendam ke hutan itu.Karena tidak mungkin harimau akan menyerang hutan yang terdapat sesekor harimau.
T A M A T

Tidak ada komentar:

Posting Komentar